Selasa, 02 April 2013

Karya : Septiana Posmarito Sianipar



Merayakan Paskah di BROMO with my friend
Septiana Posmarito Sianipar
115724001
TEKNIK SIPIL
septianaposmaritos@yahoo.com
083898045706
Tidak pernah terpikirkan di pikiran kami untuk melakukan perjalanan ke bromo. Tapi seketika kami pulang ibadah di jumat agung, kami bingung untuk menghabiskan paskah esok, dan akhirnya saya dan teman-teman mengeluarkan ide kami untuk melakukan perjalanan kami ke bromo. Dan akhirnya saya dan teman satu kamar saya menghubungi beberapa teman saya untuk mengajak mereka ke bromo.

Dan akhirnya saya menghubungi beberapa teman saya untuk mengikuti perjalanan saya dan teman ke bromo. Dan akhirnya ada 7 teman yang ikut ke bromo, saya sangat senang karena mereka bisa ikut bersama saya , untuk menikmati betapa besar karya ciptaan Tuhan di atas gunung Bromo. Dan akhirnya kami memutuskan untuk pergi jam 10 malam. Tetapi sebelum jam 10 malam kami harus pergi ke rental motor untuk meminjam beberapa motor untuk kami bawa melakukan perjalanan ini. Ketika kami mengambil motor yang akan carter, saya pergi bersama novita,agung,toni,dan saya sendiri. Kami pergi ke rental motor tersebut sekitar jam 21.30.
***
Dan akhirnya kami pun berangkat ke tempat rental motor yang kami tuju ada di jalan pumping, yang berada dekat Universitas 17 agustus 1945. Setelah kami sampai di tempat tujuan pun kami langsung mengambil empat buah motor yang akan kami pinjem. Tetapi karena kami hanya berangkat empat orang saja ke rental tersebut, jadi kami hanya mengambil dua motor saja dulu untuk kami bawa ke kost-kostan kami. Dan dua motor lagi akan kami ambil lagi nanti seketika kami sampai di ksot-kostan dan berangkat lagi ke rental tersebut.
***
 Dan akhirnya pun kami berangkat ke kost-kost an dan membawa dua motor yang telah kami carter. Selama kami melakukan perjalanan menuju ke kost-kostan, berjalan secara iring-iringan, setelah kami berjalan sekitar 10 menit dan saya punsudah tiba dikst-kostan , dan saya bingung ketika saya tiba di kost-kostan, saya bingung karena saya tidak melihat teman-teman saya toni,agung dan novit. Dan karena saya berpikir mereka belum tiba saya pun masuk ke kamar dulu dan menunggu mereka sampai dating dulu.
Dan seketika pun handphone saya berbunyi ternyata ada sms dari teman saya novita. Dan sms dari novita itu pun berisi “seph aku di tangkap polisi di dkat DTC”. Dan saya pun terkejut ketika membca sms dari novita, dan tak lama kemudian toni juga menyampaikan sms kepada saya yang isi nya dia memberi tahu bahwa dia dan agung sudah berada di depan kost saya.
Dan akhirnya pun saya turun untuk menjumpai toni dan agung yang sudah berada di depan kost saya.dan saya langsung memberi tahu bahwa novita sekarang berada di dekat DTC karena di tahan oleh polisi. Dan toni pun berkata “kok bias novita ketangkap polisi ? ”
Dan saya juga bingung harus menjawab apa saya jawab aja “aku gak tau kenapa,ya udah kita langsung kesana aja untuk bantu novita”
dan toni pun menjawab “ya udah ayo langsung berangkat aja “ dan saya pun berkata “tunggu sebentar, kita ajak anita dulu ya biar kita pas pergi nya berempat kesana”
toni menjawab dengan cepat “ya udah cepatan “
Dan saya pun naik ke atas lagi dan memanggil anita untuk turun ke bawah,agar pergi bersama-sama dengan kami untuk membantu novita yang sedang ada bersama polisi. Dan akhirnya pun kami berangkat langsung ke Wonokromo, tapi ketika setengah perjalanan toni pun berkata
“septi apakah sebaiknya kita batalkan saja perjalanan ini ya “
Dan saya menjawab pertanyaan toni
“jangan ton, kita kan udah pinjem motor”
Toni menjawab lagi
“ya gak apa-apa sep kita batalin aja peminjaman motornya,soalnya aku takut ada apa-apa dengan kita selama kita melakukan perjalanan nanti”
Saya menjawab pertanyaan toni
“toni kamu jangan bilang seperti itu tujuan kita berangkat kan sambil menikmati karya besar yang telah diciptakan oleh Allah, ya sebelum kita berangkat nanti kita berdoa dulu supaya kita selamat sampai di tujuan.
Toni menjawab lagi
“baiklah kalo begitu”
Dan ternyata hampis sampai di tempat tujuan toni melihat novita dijalan pulang menuju kost, dan toni pun langsung berteriak memanggil novita, Nov....(sambil teriak). Dan kami pun berhenti dan putar balik ke arah kost-kostan dan kami berhenti sebentar di depan warun, ambil novita menceritakan kenapa dia bias di tangkapoleh polisi tersebut. Dan novita pun di tangkap polisi karena dia melewati lampu merah. Toni pun bertanya “kenapa,kamu bias sampai lewatilampu merah itu”
Jawab novita “tadi aku bingung karena aku tadi ingin ngejar septi,dan akhirnya aku terobos deh lampu merah nya, sampai-sampai aku ke tangkap polisinya.” (muka dengan keadaan takut)
            Jawab aku “ oalah nov,kenapa harus dikejar toh kita kan gak buru-buru.”
            Dan akhirnya pun kami ngobrol di depan warung tersebut dan novita sambil sedikit teriak-teriak karena dia masih dalam keadaan takut. Dansampai orang-orang yang ada di sekitar kami pun bingung kenapa harus teriak-teriak.
            Dan saya bilang kepada novita, “nov jangan teriak-teriak gitu kita nih ada di sekitar orang banyak gak enak kalo teriak-teriak di temapt rame seperti ini.”
            jawab novita “ia sep aku lagi pusing aja “
            Kata ku “ ya udahkita balik ke kost-kost an aja dulu deh. Dan akhirnya kami balik ke kost-kost an sedangkan novita menjemput bang josua di dekat royal. Saya,toni,agung, dan novita balik ke kost-kost an. Tapi di setengah perjalanan toni bilang “kenapa kita balik ke kost-kostan, kita kan belum ambil dua motor lagi yang akan kita carter”
Jawabku “ouh iya ya,kenapa kita balik ke kost-kost an ya, ya udah deh kita langsung aja ambil dua motor nya lagi aja.
Dan akhirnya saya,toni,agung,dan anita langsung berangkat ke pumpungan untuk ambil dua motor lagi yang akan kita carter. Dan kami pun sampai di tempat carter motor dan kami langsung balik ke kost-kostan. Dan kami pun berpisah dengan toni karean toni, ingin pergi sebentar ke kost-kost an kakak nya yang ada di sekita widya mandala. Dan saya,anita langsung ke kost-kost an saya. Sedangkan agung balik ke kost-kost an nya untuk menyediakan apa-apa saja yang akan dibawa.

***
Dan sampai lah saya dan anita di kost-kost an, dan langsung berbenah untuk pergi ke Bromo selesai saya berbenah saya langsung turun kebawah,karena bang josua dan adela sudah menunggu di bawah. Dan akhirnya pun saya berkenalan dengan bang josua karena sebelumnya saya belum pernah bertemu dengan bang josua. Dan tak lama kemudian anita pun turun karena telah usai berbenah juga,dan anita jug kenalan dengan abang josua karena belum pernah juga bertemu dengan abang tersebut. Dan akhirnya kami ngobrol-ngobrol dibawah sampai jam 10.30 karena menunggu agung,toni dan harrie yang belum dating ke kost-kost an kami, setelah hamper 30 menit kami menunggu merka dan merka pun belum tiba-tiba juga di kost-kost an saya,akhirnya saya pun langsung berinisiatif agar saya,novita,adela,dan bang josua langsung saja pergike kost-kostan nya agung.
Dan akhirnya kami berangkat ke kost-kostan agung dan seketika kami ingin masuk ke gangnya agung ternyata portal untuk masuk ke kost nya agung sudah tutup, dan akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk menunggu di alfamidiyang berad di dekat kost-kost an nya agung. Kami pun menunggu agung,toni dan harrie di depan alfamidi, sambil novita dan adela pergi ke alfamidi untuk membeli permen dan minuma untuk diperjalanan nanti.
Dan tidak lama kemudian agung dan toni pun tiba di alfamiidi,dan kami tinggal menunggu harrie yang keberadaan nya belum tau dimana karena bang josua menghubungi handphone nya, tapi tidak terhubung karena handphone nya di nonaktif kan oleh harrie. Dan kamipun mulai bingung apa yang harus kami lakukan menunggu atau meninggalkan nya. Karena berhubung jam pun sudah menujukan jam 11.30 kami mulai bingung. Dan akhirnya kami pun memutskan untuk pergi ke bromo, dan sebelum berangkat kami berdoa sejenak di depan alfamidi,agar kiranya Tuhan selalu menyertai perjalanan kami menuju ke Bromo. Kami berdoa yang dibawakn oleh teman kami anita,usai berdoa kami langsung berangkat dengan posisi motor saya dengan toni,adela dengan anita, bang josua dengan novita, dan agung sendiri,dalam nama Tuhan Yesus kita melakukan perjalanan ini. Dan kami pun berjalan hingga kami dan ketika kami tiba di persimpangan Bungurasih, bang josua pun berhenti karena handphone nya berbunyi, dan ternyata handphone nya berbunyi dapat sms dari harrie yang berisi “ bang dimana “ dan akhirnya bang josua pun langsung menelepon harried an harrie mengakat telepon bang josua. Dan ternyata harrie baru selesai doa malam. Dan akhirnya harrie pun mau ikut dengan kita, dan anak-anak hamper bingung karena kita sudah berada cukup jauh dari ketintang, belum lagi harrie
Dan kami semua pun mulai bingung dengan harrie yang pegen ikut dengan kami. Dan akhirnya pun kami menjemput harrie, yang pergi menjemput harrie adalah aung,toni,dan anita. Dan saya,bang josua dan adella menunggu di warung kopi , sambil minum kopi. Dan kami menunggu smapai 30 menit. Dan anak-anak pun tiba di warung kopi yang kami singgah tadi, dan kami sudah berkumpul pas delapan orang dengan posisi motor berubah yaitu agung bersama adela, toni bersama saya , anita bersama harrie, dan novita bersama dengan bang josua. Dan kami pun berangkat menuju bromo dan harrie sebagai petunjuk jalan kami. Dan kami pun berjalan dengan beriring-iringan hingga kami sampai di purwosari. Dan kami pun berhenti di pom bensin untuk mengisi bensin kami yang sudah hamir habis, dan saya dengan anita pergi ke toilett untuk buang air kecil lagi. Dan anak –anak yang lain pun menunggu kita sambil mengisi bensin. Dan kami juga menanyakan arah ke bromo kepada mas yang menjaga pom bensin tersebut. Dan mas tersebut member tahu ada dua jaln yang bisa di lalui yang satu nya jalan dari taman safari dan satu nya dari hutan-hutan kecil seperti itu. Dan akhirnya kami mulai sedikit bingung mana jalan yang harus di pilih, dan kami pun berdiskusi sebentar untuk memilih jalan yang mana harus kami lalui agar sampai di bromo. Dan kami pun akhirnya memilih jalan dari hutan-hutan dan kami pun juga mengandalkan GPS yang ada di handphone nya bang josua, dan kami mulai masuk ke dalam hutan-hutan. Dan kami jalan sesuai arah GPS yang di tunjukan oleh bang josua dan bang josua berada di depan sebagi penunjuk arah jalan.


***
Dan kami jalan-jalan lurus di sepanjang hutan tersebut, dan kami juga sempat salah jalan di beberapa tikungan yang ada ke kanan dan ke kiri dan kami juga memilih jalan kekanan sedangkan jalan seharusnya ke kiri dan kami pun putar balik ke arah kiri. Dan kami pun berjalan terus di tengah hutan dan hanya ada 4 motor saja yang melintasi jalan tersebut dan tak tersa kami sudah berada di jam 3 pagi dan langit masih gelap,bintang pun masih ada di langit, dan begitu indah lah ciptaan Tuhan.
Dan kami pun melewati jalan yang begitu rusak dengan posisi jalan yang sangat berbatu, dan ketika posisi motor nya bang josua ada di depan dan di ikuti oleh harie,toni dan agung di belakang. Ketika  agung dan adela posisi mereka paling belakang dan tanpa terduga agung jatuh ke sebelah kan yang sebelah kanan tersebut hamper berdekatan dengan jurang. dan adela yang sedikit luka dibagian kaki nya , dan kami pun berhenti sejenak, dan kebetulan yang di sepan agung adalah aku dan toni dan sesegera mungkin toni berhenti dan langsung menolong agung untuk mengendalikan motor yang dibawa oleh agung. Dan toni pun berhasil membantu agung untuk menaikin motor nya, dan setelah motordi naikan, motortersebut sayap depan nya ada lumpur yang cukup banyak.
Akhirnya pun ketika motor berhasil di bersihin dari dedaun yang menemel di dekat sayap depan kami istrahat 5 menit dan usai istrahat kami pun melanjutkan perjalanan lagi, karena perjalanan yang kami tuju kalau dilihat dari GPS masih cukup jauh. Dan kami pun melanjuti perjalanan kami, dan akhirnya saya dan toni berada di posisi belakang. Dan ketika kami menemui ada jalan kanan dan kiri lagi kami berhenti sejenak lagi untuk melihat GPS agar kami tdak salah jalan, ketika berhenti dan melihat GPS lagi dan jalan nya harus belok ke kanan kami pun melanjutkan perjalanan kami lagi.

***
            Dan saat aku dan toni berada di posisi  belakang dan teman-teman yang lain berada di depan , aku merasa ketakutan karena berada di tengah-tengah hutan dan perasaan nya sangat takut ada dalam hatiku saat itu.tapi selama perjalanan aku berdoa kepada Tuhan.karena aku yakin Tuhan selalu beserta kita. Karena aku percaya Tuhan selalu melindungi dan menjaga kami dalam setiap langkah kami. Dan akhirnya kami tiba di jalan yang sudah bagus dan tidak rusak lagi. Dan kami pun berhenti sejenak.dan ketika kami berhenti ada sebuah mobil yang membawa sayu-sayuran lewat dan kami bertanya ke pada bapak tersebut 
“pak kalo jalan ke bromo itu dari sebelah mana ya pak “

Jawab bapak “ia nak betul dari sini kok,setealh ini kalian lurus nanti kalau ketemu sekolah kamu belok kanan aja nak “
jawab bang josua “makasih ya bapak “

Jawab harrie “pak makasih banyak ya “
Jawab bapak “ia sama – sama nak “
***
Dan akhirnya saya teman-teman melanjutkan perjalanan ke Bromo. Dan kami pun melanjuti jalan hingga kami tiba di suatu pertikungan untuk menuju ke bromo, dan kami berhenti sebentar. Dan kami pun berfoto-foto sebentar, sebagai kenang-kenangan. Dan setelah kami berfoto, kami melanjutkan perjalanan kami kembali yang masih membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam lagi. Dan kami pun kami melanjutkan perjalanaan kami lagi menuju ke Bromo. Dan setelah berapa lama kami menempuh perjalanan kami menuju Bromo tiba lah kami di pintu masuk ke Bromo, dan sebelum kami naik ke atas kami pun berhenti, mengisi bensin lagi di pintu masuk dengan 1 liter bensin kami isi ke dalam motor kami. Dan kami pun melanjutkan lagi perjalanan kami menuju puncak bromo. Ketika kami akan melanjutkan perjalanan kami, kami melihat di sekeliling kami banyak para wisatawan yang naik ke atas menggunakan mobil jeep yang telah di sediakan para warga bromo. Mobil tersebut di carter dengan harga 1 mobil 100ribu hanya samap puncak bromo. Dan karena kami dengan motor kami meyakinkan diri kami pasti bisa melalui perjalanan kami, kami yakin Tuhan pasti bantu kami anak-anak nya.
***
Setelah kami menuju ke atas,sudah 15 menit perjalanan kami pun berhadapan dengan macet nya jalan menuju puncak tersebut,karena banyak nya mobil jeep yang berhenti dan parker di tengah jalan, dan ada pula mobil yang tidak sanggup untuk naik ke atas dan akhirnya menghambat jalan motor atau mobil yang ada di belakang nya. Dan akhirnya setela harrie,agung,dan bang josua sudah tiba di atas lebih awal, sedangkan motor yang dibawa toni terjebak tepat di belakang mobil nya tidak bisa naik keatas tadi. Dan akhirnya setelah berapa lama mobil itu di singkirkan dan di parker di pinggir jalan. Toni pun berhasil lewat dan melanjutkan perjalanan kami lebih atas lagi. Dan setelah kami beberapa lama berjalan naikkeatas. Akhirnya kami pun tiba di tujuan kami yaitu gunung bromo. Dan kami pun segera parker motor kami di parkiran yang telah di sediakan oleh penjaga sekitar.
***
Dan kami pun usai memarkir motor, kami langsung bergegas naik ke atas untuk melihat matahari yang terbit dari atas gunung Bromo, Ya Tuhan begitu indah segala ciptaan yang telah Engkau Ciptakan bagi kami umat mu ini Tuhan.
Setelah kami melihat  matahari yang telah terbit tinggidi atas gunung Bromo, sebntar kami mengisi perut kami dengan sarapan di warung dekat Bromo. Dan akhirnya kami menemukan warung terdekat dan ada kursi dan meja kosong buat saya dan teman-teman sarapan dulu. Dan kami pun sarapan indomie rebus,agar sedikit menghangatkan Tubuh kami ini. Dan kami pun makan, dan usai kami makan kami istirahat sebentar di warung tersebut, karena Tubuh kami yang begitu letih. Dan setelah selesai kami beristirahat kami pun lanjut naik ke atas untuk berfoto-foto lagi dan meninggalkan sebagai kenang-kenangan.
            Dan sebagian dari teman-teman saya pun beristirahat sejenak karena begitu lelah mengendarai motor kurang lebih selama 5 jam perjalanan’ agung dan bang josua istirahat sejenak, dan di susul dengan anita, dan saya sendiri ikut beristirahat, novita juga ikut beristirahat. Sedangkan adela,harrie, dan toni masih menikmati indah nya Gunung Bromo yang telah di ciptakan Tuhan begitu indah nya. Begit besar karya Mu .
***
            Setelah beberapa lama kemudian anak-anak pun bangun, dan mereka yang baru bangun juga ingin berfoto di Bromo. Dan mereka pun berfoto berganti-gantian menggunakan kamera. Dan setelah mereka berapa lama berfoto dan akhirnya mereka sudah bosan dengan foto-foto. Dan sebentar sebelum kami melanjutkan perjalanan kami. Kami bernyanyi bersam-sama kecaplah dan lihatlah betapa baiknya Tuhan itu rasakan dan nikmati kasih setia Tuhan. Syukur bagiMu Tuhan segala hormat bagiMu Tuhan,Allah yang memeliharaku, Allah yang mengasihi ku selamanya.
            Ya benar Allah lah yang memelihara kita dan mengasihi kita hingga kita tiba ditempat ini dengan selamat tidak kekurngan suatu apa pun. Dan usai kami bernyanyi kami melanjutkan perjalanan kami lagi,karena anak-anak inginpergi ke bawah gunung bromo, jadi kami segera turun menuju ke parkiran motor kami, setelah kami menuju parkiran motor kami bergegas siap-siap untuk turun kebawah. Karena toni,agung,harrie, dan bang josua yang sudah begitu letih mengendarai sepeda motor, akhirnya aku,adela,novita dan anita bergantian untuk membawa sepeda motor sedangkan bang josua,harie,toni dan agung yang kami boncengi.
***
            Dan setelah kami siap-siap untuk keluar parkiran, kami langsung berangkat dan turun ke bawah, dank arena perjalanan turun kebawah akhirnya kami tidak menyalakan mesin motor karena motor nya tidak perlu di nyalakn karena jalanan ke bawah itu tidak perlu menyalakan mesin.akhirnya novita,bang josua dan adela,agung sudah berada di depan terlebih dahulu. Dan tinggal lah harie anita, dan aku bersama toni, dan ketika jalanan turun dan ada tikungan. Disitu pula motor yang aku kendarai tiba-tiba rem nya blong tidak bisadi gunakan sama sekali. Dan aku pun hilang kendali, dan tidak konsen lagi setelah mengetahui rem nya blong. Dan aku berkata kepada toni
“ton, rem nya blong nih..... gmana nih???”
Jawabtoni “loh ia ta ??
Jawabku “ia ton “(sambil panik) dan berkata kepada harrie yang ada di depanku “harrie awassss... rem ku nih blong “
Dan harrie pun segera pinggir ke kiri
Dan aku pun membanting setir motor yang aku bawa kekanan, dan menjatuhkan motor ke kiri.dan akhirnya saya dan toni pun jatuh di rerumputan dengan keadaan kaki kanan saya sedikit ketimpa motor. Dan toni yang lengan kirinya tergores. Dan akhirnya harried an anita berhenti dan menghampiri kami dan berkta “ gak apa-apa ta sep,ton??
Jawab ku “ia gak apa-apa kok harrie”
Anita “yakin ta sep “
Aku”ia nit gak apa-apa kok aku nya “
            Toni “septi kamu gak knapa –napa kan”
            Aku “ia ton aku gak apa-apa kok, kamu loh itu luka tanagn mu “
            Toni “ ia aku ma gampang sep “
            Dan akhirnya toni dan harrie pun memperbaiki sebentar motor yang rusak dan ada sedikit bagian motor yang pecah karena terjatuh. Akhirnya setelah motor di perbaikin dan kondisi rem nya juga belum begitu stabil akhirnya kami pun turun pelan-pelan ke bawah dan aku,anita,harrie bersama di satu motor sedangka toni sendirian.
            Dan ketika kami bertemu dengan bang josua,agung,adela,dan novita. Kami menceritakan semua kejadian yang terjadi tadi dan novita berkata “ya ampun puji Tuhan lah kalau kalian gak knapa-napa”
Harrie berkata “Yesus itu memang baik selalu menjaga kita,dan dia masih saying am kita “
Anita “ia bener bgt coba tadi kalo spti gak banting setir nya, aduh aku udah gak bisa bayangin lagi apa yang terjadi , pasti kita bakal gak pulang dari sini.”
Adela “ia ya, Tuhan ku memang baik. GOD is good”
Dan sementara itu tonidan harried an bang josua memperbaiki motor yang tadi jatuh. Dan akhirnya motor nya yang jatuh tadi belum bisa sempurna sepeti awal, harus di bawa ke bengkel. Dan akhirnya pun kami melanjutkan perjalanan kami menuju kebawah lahi, sambilkami menemukan bengkel motor yang bisa memperbaiki motor kami yang jatuh tadi.
***
Akhirnya kami turun dengan pelan-pela, dan kami menemukan bengkel motor,dan setelah kami lama menunggu bapak yang sedang memperbaiki motor yang lain, eh seketika ia selesai memperbaiki motor yang satu nya , ketika bapak nya akan memperbaiki motor kami, ternyata bapak nya harus buru-buru pergi ke malang karena ada teman nyayang sedang sakit. Dan akhirnya bapak itu member tahu bahwa di dapan kira-kira 100 meter lagi ada bengkel di kanan jalan.toni pun berkta “ia pak gak apa-apa kok pak,makasih ya pak “
Jawab bapak”ia nak sma-sama “
Dan akhirnya kami melanjutkan perjalanan kami ke bengkel yang akan kami tuju sekitaar 100 meter lagi dari bengkel yang sebelum nya. Dan kami pun bergegas langsung ke bengkel tersebut.dan akhirnya kami menemukan nya dan toni pun langsung menghampiri bengkel tersebut dan member tahu kerusakan yang terjadi pada motor tersebut. Setelah usai toni member tahu bang josua pun mengajak kita semua untuk makan terlebih dahulu, dan akhirnya kita makan di warung yang ada di dekat bengkel tersebut.
***
Sambil menunggu motor yang sedang diperbaiki kita makan di warung terdekat,sambil bercanda dan tawa. Ketika kami ingin makan di warung tersebut melihat harga makanan yang begitu mahal, dan kami pun melakukan perbincangan dengan ibu yang ada di warung tersebut. Untuk menawar harga makanan yang akan kami makan.  Dan akhirnya pun “kata agung bu,harganya nasi pake telur 5000 aja dong bu “(sambil tertawa-tawa). Dan si ibu pun menjawab nya “wah mas bias bangkrut nih ibu nya “ (sambil tersenyum ).
Harrie berkata “ia udah bu semua nya 6000 ya bu sama teh hangat nya “
Jawab ibu “ya udh deh mas,semua nya ibu kasih 7000 sama teh hangat nya “
Kami semua menjawab “ ya udah deh bu gak apa-apa bu “
Dan akhirnya pun kami makan dengan apa adanya saja, nasi dan setengah telur beserta satu gelas teh hangat. 


***
Setelah beberapa lama kemudian kami makan dan kami pun telah selesai makan. Dan kami pun langsung bergegaskembali ke bengkel motor yang sedang memperbaiki motor kami tadi. Dan ternyata sebentar lagi motor nya hamper selesai, setelah 5 menit kami menunggu dan motor nya pun usai sudah di perbaikin tepat pada jam 10.30 . dan kami langsung bersiap-siap untuk pulang ke Surabaya, karena kondisi kami yang sudah sangat lelah selama perjalanan menuju ke bromo. Dan kami pun pulang menuju Surabaya dan sebelum pulang menuju ke Surabaya kami berdoa lagi, agar Tuhan selalu menyertai dan melindungi kami, agar sampai selamat di Surabaya dan tidak kekurangan satu apa pun. Usai berdoa kamu langsung bergegas berangkat menuju Surabaya dengan jalan beriring-iringan. Dan kami pun menempuh perjalanan dari Bromo menuju ke Pasuruan dengan waktu 2 jam dan kami berhenti di pom bensin untuk mengisi bensin motor yang sudah tinggal sedikit lagi. Dan setelah kami mengisi bensin motor kami pun dengan penuh, kami melanjutkan kembali perjalanan kami menuju Surabaya dengan pelan-pelan saja. Tidak begitu ngebut. Dan ketika kami sampai di porong dan kami sudah begitu lelah kami berhenti di alfamidi yang terdekat, dan kami duduk-duduk dengan posisi kaki dan tangan yang sudah begitu pegal sekali karena perjalanan yang sangat jauh akhirnya kami duduk di atas paving yang ada didepan alfamidi sambil meluruskan kedua kaki kami. Dan akakhirnya kami pun beristirahat kira-kira 10 menit, usai kami beristirahat kami langsung siap-siap untuk pergi melanjutkan perjalanan kami kembali. Dan setelah kami siap untuk berangkat, saya yang melihat wajah teman-teman laki-laki saya yang sudah sangat begitu lelah dan capek karena perjalanan yang jauh. Dan saya merasa tidak enak karena mereka sudah begitu lelah. Dan belum lagi langit sudah kelihatan mendunng, dan hamper turun hujan. Dan akhirnya saya bertanya kepada, bang josua,harrie,agung,dan toni”apakah kalian masih sanggup, atau kita istirahat lagi aja disini “
Dan jawab toni “gak usah,lanjut aja kita masih kuat kok “
Sahut harrie “ia sep,berangkat aja ntat keburu turun hujan lagi “
Jawabku”ya udah deh kita berangkat ya, tapi kalo kalian capek bilang ya supaya kita berhenti “
Agung “ okokokokok deh” (dengan jawban nya yang suara nya lebay)
Dan akhirnya pun kami melanjutkan perjalanan kami kembali ke menuju ke Surabaya dan tidak terasa kami sudah sampai di sidoarjo dan setelah tiba di sidoarjo, hujan pun turun dan kami akhirnya kehujanan dan toni langsung berbicara kepada saya mengatakan “sep gmana, segar gak kena hujan”
Jawabku “segar ton, segar banget kena air hujan nya “
Jawab toni lagi”ya iya lah segar kita kan belum mandi dari tadi pagi “(sambil tertawa)
Dan aku pun ikut tertawa sambil berkata “iya juga ya ton”
Dan setelah 10 menit kami terkena hujan.
hujan pun berhenti dan kami pun sudah cukup basah karena hujan yang cukup deras. Dan akhirnya setelah beberapa menit kemudian kami pun tiba di Surabaya. Dengan rasa bersyukur toni bilang “makasih Tuhan atas penyertaan Mu selama perjalanan kami.  Disambung dengan aku “ya Tuhan terimakasih, engkau telah menjaga dan melindungi kami ya Tuhan”. Dan akhirnya toni memanggilku dan berkata “sepyi, aku langsung balik ke kost-kostan aja ya, kamu gak apa-apa kan bawa motor sendiri “
Jawab ku “ia ton gak apa-apa kok. Dan akhirnya kami pun langsung ke kost-kostan toni, dan sampai di kost-kostan nya toni,toni langsung turun dan saya pun langsung memutar balik arah motor dan yang saya bawa menuju jalan keluar.dan toni berkata “hatai-hati ya sep “
Jawab ku “ ia ton,makasih ya udah mau nemani kita jalan-jalan sambil memperingati paskah.”
Jawab toni “ia sep sama-sama “
Jawabku “ ok deh bye...”
Dan akhirnya aku pun langsung balik ke kost-kostan dan sudah lemas dan tidak ada tenaga lagi,dan akhirnya aku tiba di kost-kost an dan melihat teman-teman yang sudah ada di teras kost saya dengan posisi sudah berbaring di kursi karena sudah begitu lelah dan letih. Dan saya pun langsung masuk, naik ke kamar untuk mandi karena saya sudah merasa sedikit pusing.
***
Usai saya mandi, saya melihat teman-teman yang sudah siap-siap untuk pergi menuju ke kantor polisi yang ada di wonokromo untuk mengambil stnk yang telah di tahn polisi kemarin, sebelum kami berangkat ke bromo. Akhirnya pun harrie,bang josua, dan novita langsung berangkat ke polsek wonokromo untuk mengambil stnk. Dan setelah mereka bertiga mengambil stnk, saya dan anita yang tinggal di kost-kostan kami pun segera istirahat karena kondisi tubuh kami yang sudah begitu lelah.
Dan beberapa kemudian setelah kami tidur kurang lebih hamper 3 jam sampai jam 5 sore kami baru bangun dari tidur kami, karena perjalanan yang begitu melelahkan tapi mengasyikan. Dan ketika saya bangun, saya turun dan melihat bang josua dan harrie yang sudah tertidur pulas di atas kursi depan kost-kostan saya. Sedangkan novita yang menjaga mereka tidur sambil mendengarkan music dari laptop. Dan akhirnya saya berkata kepada novita “nov,gentian deh dirimu aja yang tidur ya “
Novita “ia seph, aku tidur dulu ya ,gantian ya jaga mereka berdua dulu
Jawabku”ok deh nov”
Dan novita pun langsung naik ke atas kamar danlangsung tidur di kamar dan saya berjaga di bawah,sambil menunggu harried an bang josua bangun dari tidur mereka.

***
Setelah beberapa jam kemudian hingga jam sudah menunjukan sudah jam 6 sore tapat, akhirnya bang josua dan harrie pun bangun dari tidur mereka. Dan mereka pun bangun dengan muka masih mengantuk. Dan begitu pula novita yang turun kebawah padahal ia baru saja tidur 1 jam saja.
Dan Tanya ku pada novita “kok bangun nov,tidur lagi lih “
Jawab novita “gak bias sep”
Jawabku oalah....
Akhirnya pun novita naik dan langsung mandi, Karena novita juga belum mandi dari tadi. Dan begitu juga dengan harrie dan bang josua yang mandi di bawah. Sedangkan saya menunggu mereka selesai mandi di teras sambil mendengarkan music rohani di laptop nya novita. Dan berapa lama kemudia novita,usai mandi selang waktu 5 menit bang josua dan harrie pun selesai mandi juga.
***
Dan akhirnya pun aku inisiatif untuk sms adella agar dating ke kost ku untuk membeli makan malam buat kita semua, dan 10 menit kemudian nadela dating bersama ika teman satu kamar nya dan mereka pun membeli makan malam buat kami, dan akhirnya kami pun makan bersama kecuali anita yang masih tidur karena masih kecapekan.
Usai kami makan bersama kami pun berbicara-bicara dan tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 20.30 dan kami harus segera mengembalikan motor yang kami carter di tempat nya yaitu di jalan pumpungan. Dan kami punsegera berangkat dan sebelum kami berangkat kami mengecek stnk motor apakah sudah legkap apa belum ternyata stnk nya masih kurang satu lagi dan stnk nya yang satu ternyata ada di agung. Dan agung ada di kost-kost an. Akhirnya adela dan ika pun pergi ke kost-kost an nya agung, dan ternyata setelah mereka sampai sana agung masih tidur dan susah sekali di bangunkan,hingga berapa lama kemudia adela menyampaikan sms ke saya yang berisi “seph si agung masih tidur, udah di banguni sama mas kost-kost an nya tapi gak bangun-bangun”
Dan balasku “ coba aja lagi del”
Dan aku member tahu kepada teman-teman yang lain bahwa agung masih tidur, dan akhirnya tanpa menunggu lama kami pun langsung berangkat saja ke kost nya agung karena waktu yang sudah hamper jam 21.00. ketika kami hamper sampai di kost nya agung saya dapat sms dari dela “seph stnk nya udah di aku nih. Kalian dman ?”
Jawab ku “kami nih udh dekat kost nya agung, ya udah ntar kita langsung jumpa di depan RSI aja ya del “
Jawab dela”ok deh seph “
Akhirnya saya,bangjosua,harrie,novita,dan anita menunggu adela dan ika di depan RSI. Setelah beberapa lama kami menunggu dela dan ika,mereka pun akhirnya datang ke RSI. Dan setelah mereka sampai di RSI kami langsung berangkat ke Unair untuk mengantar bang josua dan harrie kembali ke kost-kost an nya bang josua. Dan kami pun berangkat menuju kost-kost an nya bang josua dan harrie yang menunjukkan jalan ke kost-kost an nya bang josua.
***
Dan sudah 15 menit kami di perjalanan kami pun tiba di kost-kostan nya bang josua sekitar pukul 21.30. dan kami pun langsung bergegas menuju jalan pumpunagn untuk mengembalika motor nya. Dan bang josua ikut dengan kami mengembalikan motor,sedangkan harrie tinggal di kost-kostan nya bang josua. Dan kami pun berangkat menuju jalan pumpungan yang di bawa jalan oleh anita di depan sebagai petunjuk jalan. Agar kami tidak tersesat. Dan sudah beberapa menit kemudian kami pun akhirnya tiba di jalan pumpungan dan langsung menjumpai bapak yang mencarterkan motor nya kepada kami dan usai lah sudah kami mengembalikan motor nya dan jam disitu sudah menujukan 21.50, sedang kan kost-kost an saya akan ditutup jam 22.00 dan saya pun langsung bilang kepada novita”noph gmana nih kost-kostan pasti udah di tutup “
Dan jawab novita “ia seph,nih aku sms tante ya “
Tidak lama kemudia tante balas sms dari novita isinya “kost-kost an di tutup tepat jam 22.00
Balas novita kepada tante “tapi kita telat nya 10 menit aja kok te “
Jawab tante”gak bias,kalau lewat jam 10.00 anak kost tidak boleh masuk lagi.
Dan akhirnya kami pun para cewek-cewek yang 5 orang tadi tidur di kost-kostan nya adela.
***
Waktu bergantiwaktu kami terlelap di malam itu, dan ketika kami bangun hari pun telah berganti dan mentari pun telah bersinar terang. Dan kami pun siap memulai petualangan yang baru lagi.
Kejadian 24:40a berisi tetapi kataNya kepadaku : Tuhan, yang di hadapan Nya aku hidup,akan mengutus malaikatNya menyertai engkau, dan akan membuat perjalanan mu berhasil.


SELAMAT PASKAH....
            SALAM DARI : SEPTI,NOVITA,ANITA,ADELA,AGUNG,HARRIE,TONI DAN BANG JOSUA
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda disini. Tuhan Yesus memberkati. GBU